Rumah Belajar untuk Meningkatkan Kecakapan Pembelajaran Abad 21


Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah gaya hidup
manusia, baik dalam bekerja, bersosialisasi, bermain maupun belajar.
Memasuki abad 21 Memasuki abad 21 kemajuan teknologi tersebut telah memasuki berbagai
sendi kehidupan, Ɵdak terkecuali di bidang pendidikan

.

Pendidik saat ini harus mampu mempersiapkan peserta didik untuk pekerjaan dan teknologi yang belum ada dan menyelesaikan masalah yang bahkan belum diketahui. Oleh karena itu, seorang pendidik perlu mengetahui karakterisƟk pembelajaran abad 21. Untuk mengetahuinya, Anda dapat mempelajari uraian materi selengkapnya pada kegiatan belajar berikut. Jangan ragu untuk berdiskusi dengan teman sejawat apabila mengalami kesulitan untuk memahami materi. Selanjutnya, Anda perlu mengerjakan tugas sesuai petunjuk.

Menurut Kang, Kim, Kim You dalam Trisdiono (2013) mencatat bahwa perubahan standar kinerja akademik terjadi seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta pertumbuhan ekonomi global. Perubahan standar menuntut penyesuaian dunia pendidikan dalam menyiapkan peserta didik. Tekonologi informasi dan komunikasi memudahkan komunikasi antar anggota masyarakat dan dunia kerja yang Ɵdak terbatas oleh ruang dan waktu. Pertumbuhan ekonomi global menuntut persaingan yang semakin ketat dalam seƟap aspek kehidupan, pasar Ɵdak lagi dibatasi oleh sekat-sekat geografis, namun sudah menjadi pasar global. global. Peserta didik abad 21 perlu dibekali dengan kemampuan TIK dan mencermaƟ perkembangan ekonomi global. Proses pembelajaran yang dikembangkan harus mengakomodir hal tersebut.

Saat ini pembelajaran di sekolah perlu dipersiapkan dan menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan abad 21. Pemahaman terhadap kecakapan abad 21 menjadi penƟng disampaikan kepada peserta didik. Pencapaian kecakapan abad 21 dilakukan dengan memahami karakterisƟk, teknik pencapaian dan strategi pembelajaran yang dilakukan.

Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi. Literasi menjadi bagian terpenƟng dalam sebuah proses pendidikan, peserta didik yang dapat melaksanakan kegiatan literasi dengan maksimal tentunya akan mendapatkan pengalaman belajar lebih dibanding dengan peserta didik lainnya. Pendidikan Abad 21 merupakan pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan terhadap TIK. Kecakapan tersebut dapat dikembangkan melalui berbagai model pembelaja pembelajaran berbasis akƟvitas yang sesuai dengan karakterisƟk kompetensi dan materi pembelajaran. Kecakapan yang dibutuhkan di Abad 21 juga merupakan keterampilan berpikir lebih Ɵnggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS)) yang sangat diperlukan dalam mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan global.

56 Views